Atasi Anyang-anyangan Dengan Uri-cran

By Rabu, Mei 10, 2017 0 No tags Permalink
Advertisement

Waktu saya kecil saya sering pakai banget kena yang namanya anyang-anyangan. Rasanya tuh ya ampun nggak ngenakin banget! Bikin risih, nggak nyaman, dan lama-lama jadi sakit. Eh ada yang tahu nggak sih dengan istilah ini? Kalau masih bingung apa sih itu anyang-anyangan coba deh cek beberapa ciri khas anyang-anyangan berdasarkan pada pengalaman yang saya rasain dulu :

  1. Adanya hasrat atau keinginan untuk buang air kecil
  2. Frekuensi buang air kecil sering banget tapi keluarnya cuma sedikit-sedikit. Kaya ada tali yang diikat di ujung saluran yang menyimpan air kencingnya gitu. Kadang cuma keluar satu atau dua tetes aja.
  3. Ada rasa tidak nyaman yang berkembang menjadi rasa nyeri di daerah pinggul atau terutama di perut bagian bawah.
  4. Ada rasa nyeri atau sakit buang air kecil

Nah setelah baca ciri-ciri tersebut udah dapet clue yang jelas kan sama yang namanya anyang-anyangan? Jadi, kalau kamu mengalami empat tanda diatas itu artinya kamu fix kena yang namanya anyang-anyangan! Terus emang kenapa sih segitu pentingnya ya tahu tentang anyang-anyangan? Penting banget! Nggak percaya? Nih terusin bacanya…

 

Ternyata rasa sakit atau rasa tidak nyaman yang kita alami saat terserang anyang-anyangan itu adalah salah satu indikasi bahwa ada organ bagian dalam kita yang terinfeksi oleh bakteri e-coli. Bakteri penyebab anyang-anyangan ini banyak terdapat di daerah anus. Pada perempuan letaknya memang dekat sekali dengan saluran untuk buang air kecil. Itu sebabnya perempuan dikatakan lebih rentan terserang anyang-anyangan dibandingkan laki-laki. Bakteri e-coli biasanya masuk lewat saluran kencing yang kemudian menginfeksi kandung kemih, dalam istilah medis anyang-anyangan ini dikenal dengan sebutan Infeksi Saluran Kemih. Ngerinya lagi, jika terus dibiarkan infeksi saluran kemih ini bisa menjalar sampai ginjal! Kalau sudah begitu sudah semakin terlihat donk ya bahayanya?

Infographic

Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Ada dua treatment mujarab yang dulu biasa dilakukan ibu saya untuk meringankan gejala anyang-anyangan yang saya alami, yaitu banyak minum air putih dan mengompres perut bagian bawah dengan air panas yang dimasukkan dalam botol. Cara lainnya adalah dengan mengoleskan minyak hangat di perut bagian bawah. Treatmen ini sangat membantu untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang saya rasakan kalau pas kena anyang-anyangan.

 

Tapi sekarang, tenang ada formula baru yang dapat membantu kita mengatasi penyebab sakit saat buang air kecil macam si anyang-anyangan ini. Caranya gimana? Serahkan pada uri-cran! Uri-cran adalah supplemen kesehatan yang mengandung ekstrak buah cranberry. Pada buah cranberry terkandung antioksidan yang disebut dengan proanthocyanidins.

Cranberries

Proanthocyanidins inilah yang akan mencegah pertumbuhan bakteri e-coli sehingga dapat mengatasi susah buang air kecil dan menghindarkan kita dari bahaya ISK. Kenapa begitu? Karena proanthocyanidins ini memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.

 

Tuh kan, lebih praktis tapi tetap sehat. Kalau nyonyah-nyonyah pernah pada anyang-anyangan juga nggak?

No Comments Yet.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *