Ketika Ibu ‘Dilarang’ Sakit!

Advertisement

Tahun ini, saya sudah masuk kepala tiga plus plus dan sudah dua kali turun mesin. Performa jelas tak lagi segemilang masa muda di usia 20an. Sekarang istirahat kurang, vertigo kumat, kecapekan, punggung mlintir. Pokoknya adaaaaa ajaaa…

Padahal jadi perempuan yang punya suami dan sudah beranak pinak gini kan dilarang keras sakit. Bisa hancur dunia persilatan. Piring nggak ada yang nyuci, baju nggak ada yang bawa ke laundry, nasi nggak ada yang masak, lantai lengket, bak kamar mandi lumutan, dan anak-anak ingusan nggak ada yang ngelap. Suami akhirnya mengiba, jangan sakit donk mi please jangan sakit… Jadilah punggung ditegak-tegakin demi lihat rumah yang udah nggak karuan rupanya.

Itu sebabnya penting banget untuk kita, para ibu, agar lebih perhatian sama kesehatan diri sendiri. Sebelum flu, udah grok-grok tenggorokan gatel buruan cari supplemen, apa aja! Begitu demam cari obat! Minum, tidur kilat, sembuh! Udah gitu aja!

Demi apa? Demi keluarga donk ah! Yekan!

Demi mereka ini nih...!

Demi mereka ini nih…!

Bayangin aja ya kalau sampai saya jatuh sakit, selain rumah berantakan akan banyak sekali agenda harian yang ikutan kacau. Tapi emang yang namanya menjaga kesehatan itu nggak bisa dilakukan instan. Supaya hidup kita sehat, maka ya gaya hidup pun harus sehat. Makan cukup, tidur cukup, termasuk rajin konsumsi supplemen kesehatan. Biar gimanapun juga yang namanya factor U emang nggak bisa nipu, nyah.

Jalan-jalan ke Solo sama anak-anak bareng komunitas IIDN Yogyakarta

Jalan-jalan ke Solo sama anak-anak bareng komunitas IIDN Yogyakarta

Untunglah sejak kecil saya doyan sama yang namanya jamu. Nggak terlalu suka obat dan selalu condong sama yang herbal-herbal. Kunir asem, beras kencur, wedang uwuh, secang, dan sari temulawak itu udah jadi makanan sehari-hari. Kalau batuk saja biasanya saya milih beli wedang jahe dulu. Lebih aman aja apalagi saya kan masih menyusui. Di Jogja sendiri Alhamdulillah untuk nyari yang herbal dan alami gini bisa sambil tutup mata saking gampangnya!

Tapi kelemahan herbal alami itu ada di penyimpanannya, karena nggak pake pengawet jadi ya beli saat itu harus habis saat itu juga. Padahal kadang tengah malam buta pengen kunir asem atau wedang jahe gitu kan susah ya kalau harus nunggu pasar buka atau harus ‘klothekan’ di dapur buat bikin sendiri. Aduh bakalan ribet banget! Tapi syukurlah, jaman sekarang sudah banyak pilihan minuman herbal yang sachetan. Selain praktis juga bisa disimpan lama. Jadi kapan butuh tinggal seduh. Pokoknya SIP!

Nah, salah satu produsen minuman herbal berkhasiat itu adalah Herbadrink. Variannya ada banyak, tinggal pilih! Tapi favorit aku ada si kuning cerah ceria, sari temulawak. Temulawak atau curcuma ini terkenal dengan khasiatnya untuk menambah selera makan. Aila juga sampai sekarang masih saya kasih sari temulawak lho untuk memperbaiki selera makannya yang suka on off bikin jarum timbangan galau mlorot mulu ke kiri. Tapi ternyata khasiat sari temulawak itu nggak cuma itu aja. Ada banyak kandungan vitamin yang terdapat di temulawak seperti zat kalagoga, glikosida, flavonoid, xanthorrhizol, minyak atsiri, dan kurkumin yang bikin rempah yang satu ini jadi punya seribu manfaat. Penasaran kan, ini nih saya kasih daftar khasiat dari sari temulawak :

temulawak

  • Memelihara fungsi hati
  • Mengurangi radang sendi
  • Melawan penyakit kanker
  • Menurunkan lemak darah
  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Pelancar asi
  • Merawat kecantikan kulit

Tuh kan banyak banget manfaatnya dari sari temulawak ini. Apalagi Herbadrink sari temulawak ini memiliki formula tanpa endapan dan bebas gula. Kalau buat saya sih rasanya light dan after tastenya nggak ninggal kaya jamu gitu. Serunya lagi, Herbadrink sari temulawak ini bisa kita modifikasi juga lho. Tambahin buah-buah atau bahan lain rasanya tetep asyik! Bisa dikasih markisa, daun mint, selasih, jeruk, atau leci. Saya punya dua nih hasil racikan suami tersayang, grenadine strawberry squash sama exotic lime punch. Favorit saya ada si grenadine strawberry squash yang rasanya segeeerrrr bangeettt! Mau coba juga? Nih, saya kasih bocoran resepnya.

WhatsApp Image 2017-05-20 at 22.19.35

Grenadine Strawberry Squash

Bahan :

Sirup grenadine/cocopandan secukupnya

1 Buah strawbery cincang kasar

1 buah strawberry potong bulat

Herbadrink Sari Temulawak 1 sachet

Soda

Air mineral 150 ml

Cara membuat :

  • Susun strawberry cincang di bagian bawah gelas
  • Masukkan sirup
  • Tuang herbadrink sari temulawak yang sudah diseduh dengan air mineral
  • Masukkan potongan buah strawberry
  • Beri soda sesuai selera
  • Beri es batu
  • Siap dikonsumsi

WhatsApp Image 2017-05-20 at 22.19.35(1)

Exotic Lime Punch

Bahan :

Sirup melon sesuai selera

Herbadrink sari temulawak

Sirup cocopandan secukupnya

Soda

Jeruk nipis

Cara membuat :

  • Masukkan sirup melon
  • Masukkan herbadrink sari temulawak yang sudah diseduh dengan air
  • Masukkan perasan air jeruk nipis
  • Tambahkan soda sesuai selera
  • Terakhir, masukkan sirup cocopandan secara perlahan

 

Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak

 

1 Comment
  • Grace Melia
    Mei 21, 2017

    Wah ada resepnya juga. Nyontek yaa, Mak Dee. bener nih, aku juga ngerasain yang namanya faktor U tetep ada imbasnya ya huhu. Semoga kita sehat selalu semuanyaaa.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *