Tempat Bermain Ramah Untuk Anak Kinestetik di Jogja

By Sabtu, Juni 17, 2017 14 No tags Permalink
Advertisement

Bermain adalah salah satu hak anak yang wajib dipenuhi. Melalui bermain anak-anak dapat belajar banyak hal. Bersosialisasi, mengasah kemampuan, mengenali diri sendiri serta lingkungan sekitar. Demikian pula dengan Aila. Sejak kecil ia suka berlari, melompat, serta senang sekali dengan aktivitas luar ruang yang banyak melibatkan fisik.

Sebagai anak dengan kecerdasan kinestetik yang tinggi, Aila mudah bosan jika berada di ruangan tertutup. Beberapa kali kalau diajak beraktivitas di ruangan tertutup Aila pasti cepat gelisah. Buru-buru minta pulang. Nah, kali ini saya mau sharing lokasi playdate yang sudah pernah saya datangi dan cocok untuk anak-anak dengan kecerdasan kinestetik yang tinggi seperti Aila.

Sebelum memutuskan untuk pergi beraktivitas di suatu tempat ada beberapa pertimbangan yang saya gunakan dalam memilih lokasi playdate, yaitu:

  • Lokasinya terjangkau, karena kami harus pergi bertiga dengan motor maka jarak sangat menentukan. Sebisa mungkin kami tidak berada di jalan lebih dari 45 menit. Risikonya jelas, anak mengantuk dan itu bahaya.
  • Ada ruang yang cukup untuk anak-anak bereksplorasi (Baca : lari-lari).
  • Lokasi tidak terlalu dekat dengan jalan raya atau bukan jalur yang dipakai untuk lalu lalang kendaraan bermotor.
  • Bersih, termasuk ada fasilitas toilet yang bisa digunakan dengan nyaman.

Dari syarat itu berikut adalah beberapa playground di Jogja yang biasa kami kunjungi untuk menggelar agenda playdate bersama kawan-kawan di komunitas parenting.

Public Area

  1. Taman Kuliner Condong Catur

Taman kuliner condong catur terletak di sebelah barat terminal condong catur. Saya dan mbak Selly pernah menginisiasi kegiatan bersama untuk kelas mewarnai di sini. Lokasinya seru. Ada panggung yang bisa digunakan untuk kegiatan anak. Ada taman bermain dan area yang cukup luas untuk anak-anak berlarian. Kami biasa menggunakan tempat ini setiap Jumat pagi sampai siang. Selama satu jam anak-anak diberikan aktivitas mewarnai dan sisanya dihabiskan dengan bermain bebas.

Lokasinya juga cukup menjorok dari jalan raya. Jadi kita tak khawatir anak-anak akan lepas ke jalan. Selain itu ada warung makan yang jualan cemilan, pisang goreng enak, dan milo dengan harga normal. Iya, pertama kali saya beli minum di sini saya kaget sendiri ternyata harganya standar Jogja ya, bukan standar tempat wisata yang biasanya dinaikkan hingga dua kali lipat.

Mewarnai gerabah di Taman Kuliner Condongcatur

Mewarnai gerabah di Taman Kuliner Condongcatur

  1. XT Square

Ini langganan saya dan suami kalau bingung mau kemana. Selain ke Kotagede kami biasa ke XT Square. Ada mainan anak-anak yang buka dari sore sampai malam hari. Lokasinya ada di bekas terminal lama Umbulharjo. Saya juga pernah memilih XT Square untuk kelas mewarnai bersama Kakak Liya Swandari. Kalau pagi XT Square umumnya memang lebih lengang karena beberapa acara sering kali digelar pada sore atau malam hari.

IMG-20170221-WA0008

  1. Gadjah Wong Educational Park

Ini lokasi playdate yang saya kunjungi persis sebelum puasa Ramadhan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari XT Square. Persisnya ada di belakang kantor Partai PKS. Tempatnya cukup luas, cocok dipakai untuk momong anak sore-sore. Sayang beberapa mainan anak sudah ada yang sudah rusak dan belum diperbaiki. Selain itu cukup banyak nyamuk juga. Jadi kalau mau main disini penting untuk bawa lotion atau minyak untuk mengatasi gigitan nyamuk. Kasian kalau anak-anak main trus malah digigit sama nyamuk dan bentol-bentol.

IMG_20170521_094050

  1. Grha Tama Pustaka (Perpustakaan JEC)

Di sini juga ada playground luas untuk anak-anak lari-larian. Ruang perpustakaan dan koleksi buku anaknya pun jagoan. Bisa jadi jujugan kalau pas sepi ide mau main apa sama anak.

photogrid_1474636981932

Baca juga : Main yuk ke perpus!

Resto dan Tempat Wisata

  1. Wedangan Kampoeng

Ini tempat pelarian paling menyenangkan ketika saya sedang jenuh. Lokasinya ada di jalan Kaliurang km 12,5. Saya biasa kesini sama teman-teman IIDN Jogja. Ada taman kecil yang biasanya jadi spot Aila dan Pandan untuk bereksplorasi. Ada kolam ikan dan sungai yang bisa dijadikan lokasi untuk bermain susur sungai sederhana. Kalau sudah di sini kami bisa sampai seharian. Menunya lengkap dari sayur sampai lauk. Untuk anak-anak saya biasa pesenin sop sama ayam bacem. Aila juga suka sama ketan susunya. Harganya? Tenang, masih terjangkau pakai banget! Kamar mandinya juga bersih, ada musholla, dan nggak khawatir bakal diusir atau dijudesin karena nggak pulang-pulang.

WhatsApp Image 2017-06-17 at 22.06.24

  1. Bhumi Merapi

Ini juga favorit sekali! Lokasinya ada di jalan Kaliurang juga. Anak-anak bisa memberi makan kelinci, kasih minum susu ke kambing, dan naik kuda poni. Menyenangkan sekali! Biaya masuk dibebankan untuk anak di atas 3 tahun sebesar Rp 15.000/anak.

PhotoGrid_1484111576053

  1. LPP Garden Hotel

Hotel ini letaknya di jalan Solo sebelah timur Ambarukmo Plaza. Pertama kali kesini saya langsung jatuh cinta, kalau mau berenang sambil santai saya saranin kesini aja. Viewnya asyik dengan konsep garden yang membuat berenang di LPP Wisma Garden jadi terasa sekali bedanya dengan yang ditawarkan oleh tempat lain. Selain berenang, anak-anak juga bisa main pancuran dan eksplorasi tumbuhan. Jadi, di LPP Garden ini setiap pohon diberi penanda nama. Playdatenya pun nggak hanya melulu main di dalam kolam air kan jadinya.

img_20160712_122757

Baca juga : Kolam renang ramah anak di LPP Garden Hotel

Masjid

  1. Masjid Kampus UGM

Hampir satu minggu sekali saya dan anak-anak berkunjung ke Masjid kampus UGM. Agendanya sih halaqoh untuk saya. Tapi nyatanya Masjid Kampus UGM ini justru jadi lokasi playdate seru buat anak-anak sembari menunggu ibu-ibunya belajar agama. Luas, banyak pohon, ada batu-batu kecil yang disusun, ada keran air, dan air mancur.

IMG-20161117-WA0012

  1. Masjid Besar Kotagede

Bulan Ramadhan kegiatan playdate kami isi dengan Class of Challenge. Kegiatan ini diinisiasi oleh HSMN Chapter Yogyakarta untuk anak usia SD. Aila ikut di kelas perdana selain karena saya juga kejatahan didapuk jadi koordinator lapangan untuk agenda ini. Lokasinya ada di sebelah selatan pasar kotagede. Berada di dalam satu area dengan makam-makam raja Mataram. Class of Challenge kemarin diisi oleh bunda Sisil dengan materi pembuatan flap books bertema ramadhan. Anak-anak semangat sekali menghias bukunya. Selesai menghias mereka berbuka bersama dan sholat berjamaah.

PhotoGrid_1497161650127

Tips Playdate Seru dan Nyaman Bersama si Kinestetik

Namanya saja bermain di luar ruang, kotor itu pasti! Air, tanah, ranting kayu, daun kering bisa jadi bahan bermain untuk anak-anak. Supaya kegiatan playdate bisa berjalan lancar saya mau berbagi sedikit tips.

  1. Siapkan Baju Ganti

Ini wajib ya hukumnya! Bermain itu berani siap kotor. Menemani anak-anak yang sedang dalam masanya giat bereksplorasi tentu nggak bisa jauh-jauh dari kotor. Apalagi kalau ada air. Wah siap-siap saja baju jadi basah dan penuh noda. Hahaha. Lemesin aja shay… Jangan dibawa senewen.

Setiap datang ke agenda playdate saya selalu membawa minimal 2 pasang baju untuk Aila, 2 pasang baju untuk Pandan, dan satu pasang baju cadangan yang muat dipakai untuk keduanya. Hahaha.  Bawa saja kaos, celana, atau dress yang bahannya tidak terlalu tebal jadi nggak bakal bikin tas menggembung dan berat.

  1. Bawa Sabun dan Tisu atau lap

Ini bakal kepake banget ketika si bocah main tanah yang diaduk sama air, makan belepotan, dan kalau mau dadakan buang hajat besar.Nggak semua kamar mandi nyediain fasilitas sabun jadi ya bersiap-siap akan jauh lebih baik.

  1. Bawa kantong plastik atau tas serbaguna

Saya biasa menyelipkan satu atau dua kantong plastik kecil di tas. Kantong ini nantinya akan sangat berguna untuk menyimpan baju kotor, sebagai tempat sampah darurat, bahkan jika anak mendadak mau muntah karena perutnya tidak nyaman.

  1. Sediakan Konsumsi

Penting banget! Bawa selalu air minum, roti, snack, atau cemilan. Setelah beraktivitas tentu anak-anak akan merasa haus atau bahkan lapar. Kondisi seperti ini bisa memicu rasa tidak nyaman yang ujung-ujungnya bikin anak jadi rewel. Anak rewel, orang tua senewen, playdate bubar! Hehehe. Untuk acara playdate yang selama ini sudah kami gelar, konsumsi dengan cara potluck masih jadi andalan. Ringan dan lekat dengan kebersamaan. Anak-anak pun jadi terbiasa untuk berbagi makanan.

  1. Bawa P3K

Ini tak kalah penting! Selama sesi bermain dan belajar biasanya akan ada banyak skenario spontan yang dilakukan oleh anak-anak. Ada yang jatuh, masuk angin, digigit serangga, sampai gejala flu. Agar anak bermain dengan nyaman dan orang tua tetap tenang saya sarankan untuk bawa p3k standar yang dibutuhkan oleh anak-anak. Misalnya minyak, obat luka atau plester, obat penurun panas.

Pernah suatu waktu saya bawa Pandan ke acara playdate. Berangkatnya dia sehat-sehat saja. Tetapi sesaat sebelum pulang mendadak badannya anget. Ehm, ini nih sakit langganannya anak-anak. Demam pada anak merupakan salah satu tanda bahwa tubuhnya sedang melakukan perlawanan kepada kuman penyakit yang menyerang tubuhnya.

Daya tahan tubuh anak-anak kan memang belum sekuat orang dewasa, masih riskan terserang kuman dan virus dari lingkungan sekitar. Gejala demam pada anak biasanya ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh di atas 38° celcius. Kalau anak demam ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh ibu

  • Mengenakan pakaian yang nyaman, seperti kaos atau katun
  • Kompres dahi dan lipatan tubuh pada anak dengan air hangat
  • Banyak minum air putih. Bisa juga dengan memberi buah yang punya kadar air tinggi kaya semangka misalnya.
  • Pantau perkembangan suhu tubuhnya.

Saya sendiri selalu siapin Tempra Syrup di rumah yang memang sudah terbukti efektif sebagai penurun panas demam pada anak. Soalnya saya sadar banget kalau padatnya aktivitas bermain yang memang banyak dilakukan di luar ruang. Udara yang panas, kering, dan berpolusi kan kerap jadi penyebab anak-anak jadi demam. Padahal kalau kemana-mana naik motor ya mau nggak mau harus bisa berdamai dengan udara panas, kotor, dan mungkin saja penuh virus.

IMG_20170617_164952_HDR

Bagaimanapun, playdate sudah jadi nama tengah kami. Bermain, belajar, dan bertemu teman-teman biar terus recharge semangat. Oiya, satu lagi meskipun sudah sedemikian rupa dipilih lokasi bermain yang minim risiko bukan berarti kita jadi lengah dan lalai ya. Tetap awasi keberadaan anak-anak. Cek mereka sedang apa, amati cara mereka berinteraksi supaya bisa jadi bahan diskusi menarik antara orang tua dengan anak. Gimana udah siap ngadain playdate? Jangan lupa ya undang kami juga, tim playdate keluarga Wijaya.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Tempra yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi. Artikel ini tidak dapat menggantikan hasil konsultasi dengan tenaga kesehatan profesional.

14 Comments
  • arifah wulansari
    Juni 17, 2017

    Yang wedangan kampung itu kayaknya menarik ya..aku blum pernah kesana. Jd pengen..thx infonya mak dee😊

  • Primastuti satrianto
    Juni 17, 2017

    Wah, noted ni tempat2nya. Kapan bisa ajak Piki ke sini.

  • Nunung Nurlaela
    Juni 17, 2017

    Waah…asyik semua tempatnya nih. Ada beberapa yang belum kesana. Makasih infonya, ya mami Pandan Aila 😍

    Btw, saya juga selalu sedia tempra di rumah dan bawa klo pergi lama dgn anak.

  • Oky Noorsari
    Juni 17, 2017

    lengkap euy… 🙂
    bagus nih, buat referensi. thanks mbak, 😀

  • Lusi
    Juni 17, 2017

    Waaah banyak banget ya tempat mainnya. Seru. Kalau di wedangan kampung nggak takut jatuh ya buat anak kecil? Kan konturnya naik turun & ada sungai? Aku nggak sampai ke belakang2 sih, biasanya lebih suka di kursi depan saja krn males lesehan heheee

  • Bunda rita rihaal umroh
    Juni 17, 2017

    Makasih mbak dee…
    Kapan kapan aku nitip anak ya …. 😍😉

  • Dian farida
    Juni 17, 2017

    Gadjah wong educational park belum pernah kesna nih. Jadi penasaran, Najla juga anak kinestetik soalnya. Perpus JEC emaknya udah pernah, tapi anakku belum. Thanks infonya

  • Tanti
    Juni 17, 2017

    Seru tempat-tempatnya
    Banyak yang belum saya kunjungi
    Shakila betah banget di Wedangan kampung, sambil lihat ikan
    Terimakasih mb dee

  • Yayan Rika Harari
    Juni 17, 2017

    Infonya lengkap bingitsss… Makasih ya, Mbak Dee..

  • Atikhw
    Juni 17, 2017

    Pandan dan Ailaaa….ntar main ke rumah budhe yaa… di halaman belakang tuh, ada ayunan, seesaw, sama mainan prosotan. Kolam ikan juga ada…tapi ga boleh dipancing sama maa Azul. Oiya..bilangin mama ga perlu bawa Tempra, soalnya biasanya budhe juga punya persediaan buat mb Zahra. 😘😘😘

  • Irfa Hudaya
    Juni 18, 2017

    Ayuk ngandang maning. Kangen ngandang sama krucilmu

  • Kayla Mubara
    Juni 19, 2017

    Sebagian besar sudah pernah ke sana. Dan memang seru.

  • Dila
    Juni 20, 2017

    wah asyik bangett. blm pernah semua kecuali maskam ugm wkwkw. thanks makkk~

  • qhachan
    Juni 20, 2017

    Dari tempat bermain di atas aku baru pernah ngajak anakku ke bhumi merapi ;D. Sehat-sehat ya mak Dee dan anak2 🙂

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *