Ibu, Jangan Berhenti Bermimpi

By Rabu, Juli 12, 2017 0 No tags Permalink
Advertisement

Punya anak bagi sebagian kalangan seringkali dianggap sebagai ‘halangan’ bagi seorang perempuan untuk terus berkarya. Namun percaya nggak sih kalau pihak yang paling banyak menganggap anak sebagai penghalang itu justru diri sendiri. Coba pernah nggak kita dengar seorang ibu yang bilang begini “Kalau saya mana mungkin begini, begitu, kan sekarang ada anak-anak,” atau kalimat sejenis.

Punya anak itu memang membawa perubahan Bu, baik itu secara fisik, psikologis, ataupun kehidupan sosial kita. namun anak-anak bukanlah penghalang mimpi. Banyak sekali perempuan di luar sana yang punya anak banyak namun justru makin jago berkarya. Mereka mampu membuktikan jika anak-anak memperkaya pengalaman dan membuat kita, ibu-ibu ini, jadi semakin matang.

Dulu saya menganggap punya anak bikin karir saya selesai. Saya sempet “nggak ngapa-ngapain” selama kurang lebih 1,5 tahun. Akhir tahun lalu, dengan didukung oleh suami saya memutuskan untuk meneruskan mimpi-mimpi saya yang pernah terputus yaitu jadi PENULIS. Sejak saat itu, saya pun terus berproses.

Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk memulai melanjutkan mimpi.

  1. Cari Tahu Minat Kita

Sering kali karena terlalu fokus pada urusan domestik kita jadi melewatkan banyak hal. Padahal dalam aktivitas domestik itu ada banyak hal yang bisa kita temukan. Suka memasak makanan yang enak buat anak-anak dan suami? Suka menjahit? Suka mencuci dan setrika? Semua bisa jadi jembatan untuk kita lho dalam mencapai mimpi.

  1. Bikin target

Bikin target itu gampang-gampang susah. Kalau terlalu tinggi kita bisa stress kalau tidak tercapai tapi kalau terlalu rendah kita bisa jadi justru malas meraihnya. Buat saya penting untuk rutin mengevaluasi target. Bikin target tahunan, bulanan, lalu harian. Kalau ada target yang tidak tercapai berulang-ulang, coba cek jangan-jangan kita kurang realistis.

  1. Lakukan Saja!

Jangan takut, sesuatu itu tampak mustahil karena kita belum pernah mencoba. Hal yang paling mudah untuk mengalahkan rasa takut adalah dengan menghadapinya meski sedikit demi sedikit. Mau punya bisnis? Lakukan saja! Mulai dengan hal kecil seperti menjualkan produk teman misalkan. Atau menjual produk buatan sendiri. Jangan takut gagal. Pengalaman toh adalah guru yang terbaik. Jangan terlalu banyak dipikirkan. Mulailah melangkah.

  1. Perbaiki diri

Saya percaya Allah akan berikan sesuatu yang sesuai atau layak untuk kita. Jadi kalau kita punya mimpi yang besar jalan terbaik adalah dengan memanfaatkan diri untuk mendapatkannya. Perbaiki diri terus dan terus. Banyak datang ke majelis ilmu. Membuka diri dengan hal baru yang bermanfaat. Akui kekurangan dan terima itu, lalu perbaiki. Susah? Iya, pake banget!

IMG-20161117-WA0011

Bagi saya, salah satu cara memperbaiki diri adalah dengan mendatangi majelis taklim lebih sering dari biasanya.

  1. Ukur Kemampuan Diri Sendiri

Mengukur kemampuan diri sendiri sangat penting dilakukan supaya hidup kita tidak penuh dengan beban. Ini erat kaitannya dengan urusan target. Kalau nggak bisa belajar mengukur kemampuan diri sendiri nanti targetnya bisa jadi terlalu jauh atau justru terlalu dekat, kaya lagu dangdut “Pacar lima langkah”. Terlalu dekat, tidak ada tantangan, dan rentan dengan kebosanan.

  1. Jaga Kesehatan

Siapa sih yang mau sakit?

Pasti nggak ada kan. Nah sayangnya, kita seringkali justru abai dengan kesehatan. Sama juga dengan saya. Sekitar dua bulan yang lalu saya disadarkan gara-gara Allah kasih sakit punggung yang bikin saya sampai nggak bisa jalan dan butuh terapi panjang yang berkelanjutan. Agenda pun banyak yang kacau. Sedihnya lagi, saya nggak bisa lagi maksimalin diri untuk mencapai goal yang sudah dicanangkan tahun ini.

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan olahraga. Jalan-jalan pagi keliling kompleks atau kaya saya, minum multivitamin. Berhubung usia makin matang saya mengakui kalau saya mulai butuh asupan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit.

IMG_20170617_165059_HDR

Salah satu multivitamin andalan saya adalah Theragran-M . Vitamin yang bagus untuk masa pemulihan dan sangat membantu dalam mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit. Theragran-M ini mengandung magnesium, zinc, vitamin A, B, C, D, E, dan mineral essensial lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Nggak heran kalau rutin konsumsi tubuh rasanya jadi bugar dan bikin nggak gampang sakit.

Kalau kita sehat, jadi siap kan untuk mengejar Mimpi! Semangat ya, bu, jangan berhenti mengejar mimpi meskipun kita sudah beranak-pinak.

Source : Genius Quotes

Source : Genius Quotes

No Comments Yet.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *